7 Tips merawat baterai laptop agar tetap awet

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada laptop yang harus dijaga dengan baik supaya tetap awet. Tidak berbeda jauh dengan fungsi baterai pada umumnya baterai pada laptop berguna sebagai penyimpan daya untuk membuat laptop tetap bisa menyala. 

image by flickr.com

Secara umum baterai laptop memiliki daya pakai yang sudah ditentukan sekitar 3-4 tahun, meskipun bisa bertahan hingga lebih dari itu biasanya baterai sudah mengalami penurunan kapasitas penyimpanan daya. Nah,,Untuk membuat baterai laptop anda tetap awet berikut hal-hal yang harus anda perhatikan:

  1. Jangan mengecas mulai dari 0: Kebiasaan menggunakan laptop hingga baterainya habis tak sisa atau sampai laptop mati sendiri merupakan kebiasaan yang bisa membuat baterai cepat rusak, hal ini dikarenakan saat harus mulai mengisi daya mulai dari 0 maka dibutuhan waktu yang lama untuk membuatnya penuh sehingga akan membuat baterai menjadi lebih panas. 
  2. Segera cabut proses cas saat baterai sudah terisi penuh: Hal ini dilakukan untuk mencegah baterai overheat sehingga membuatnya mudah rusak.  Beberapa laptop kadang tidak ada tanda lampu yang menunjukkan baterai penuh, seperti laptop lenovo G41 punya saya ini misalnya, saat baterai penuh atau sedang kosong tidak ada bedanya karena saat pengisian sekitar 20% ke atas maka lampu baterai pada laptop akan secara otomatis menjadi putih seperti halnya sudah penuh jadi ini sedikit merepotkan saya untuk mengetahui apakah pengisian sudah penuh atau belum. Untuk mengakalinya biasanya saya memperkirakan lama pengecasan. 
  3. Jangan memakai laptop saat dicas: terus terang ini merupakan hal yang paling sering saya langgar. Memang cukup merepotkan sih tidak bisa memakai laptop saat dicas, karena saat sudah benar-benar butuh kita tidak sabar jika harus menunggu proses pengecasan selasai. Tetapi usahakan jika tidak dalam kondisi terpaksa jangan melakukannya karena  memakai laptop dalam keadaan dicas akan membuat baterai semakin panas. atau jika anda tetap memaksakan untuk memakainya usahakan untuk tidak melakukan aktivitas berat pada laptop yang menguras banyak energi seperti main game, memutar video dsb. 
  4. Gunakan adaptor charger yang original: Hal ini cukup penting  untuk memastikan keamanan dan keawetan baterai karena adaptor yang tidak original bisa saja merusak baterai dan komponen lainnya pada laptop. Intinya Jangan mudah tergiur dengan harga adaptor charger yang murah. 
  5. Atur tingkat kecerahan layar: Mengatur tingkat kecerahan layar pada laptop atau komputer selain dapat membantu menjaga kesehatan mata anda juga akan mengurangi pemakaian daya baterai sehingga membuat baterai tidak boros dan cepat habis, hal ini tentunya juga sangat penting untuk memaksimalkan umur baterai. 
  6. Hindari pemakaian laptop di kasur: Salah satu alasan kenapa anda tidak dianjurkan untuk menggunakan laptop di kasur adalah untuk membuat baterai tetap awet, pasalnya menaruh laptop pada permukaan yang tidak rata seperti kasur akan membuat baterai langsung bersentuhan dengan permukaan kasur sehingga membuat baterai cepat panas yang akhirnya akan membuat baterai cepat drop. 
  7. Gunakan laptop dengan bijak: Berbeda dengan komputer, laptop biasanya tidak terlalu kuat untuk dipakai dalam waktu yang lama, untuk itu sebaiknya anda menggunakan laptop dengan bijak dan tidak lebih dari 3 jam nonstop ( sebenarnya bukan suat keharusan). 
Info tambahan, saat pertama kali membeli laptop cas hingga 8 jam untuk penyesuaian, karena sebelumnya baterai laptop dalam keadaan kosong. Nah demikian 7 tips yang bisa anda lakukan untuk membuat baterai laptop anda tetap awet dan tidak mudah drop, semoga bermanfaat.

Related Posts: