Cara mengatasi tanda seru pada sinyal wifi

Pasti sangat menjengkelkan saat kita ingin browsing di internet tetapi wifi laptop kita tidak bisa conect. Tidak bisa conect yang dimaksud adalah munculnya tanda seru dengan segitiga warna kuning yang berada pada sinyal wifi laptop. Saat pertama kali mengalami masalah ini saya sangat kebingungan dan sempat frustasi karena sudah saya restart berkali-kali pada sinyal wifi tetapi tidak membuahkan hasil. Sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengatasi tanda seru pada sinyal wifi ada baiknya untuk mengetahui apa saja penyebab tanda seru pada sinyal wifi ini.

Penyebab pertama adalah kabel yang terputus, saat anda menggunakan laptop yang sebelumnya bisa conect di internet tapi tiba-tiba sinyal laptop terdapat tanda seru mungkin salah satu  masalahnya adalah terputusnya kabel. Hal ini pernah saya alami saat tiba-tiba internet di rumah saya tidak bisa conect, padahal sebelumnya tidak ada masalah, untuk mengetahui hal ini anda bisa melihat lampu pada modem, jika lampu pada bagian ADSL/DSL tidak menyala maka indikasi terdapat masalah pada kabel sangat kuat. Jika hal ini terjadi maka jangan ragu untuk menghubungi provider internet anda untuk mengadukan masalah tersebut.

Penyebab kedua adalah setting IP pada komputer atau laptop anda statis, hal ini bisa dilihat dengan cara klik sinyal wifi > Open Network And sharing Center > Wireless Network Connection. Setelah muncul jendela Wireless Network Connection pilih properties > Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Pilih Optain an IP automatically Baru kemudian tekan OK.



Jika cara pertama ini tidak mempan maka anda bisa menggunakan cara kedua, untuk cara yang satu ini penyebab pastinya saya kurang tahu tetapi saya pernah mengalaminya dan berhasil.

Caranya klik kanan pada Wireless  Network Connections internet yang terdapat tanda seru kemudian pilih properties, masuk ke menu bar security kemudian ganti enkripsinya dari AES menjadi TKIP. Setelah itu simpan. Meskipun saya sendiri kurang begitu faham penyebab pasti kenapa laptop saya tidak bisa conect dengan enkripsi AES tetapi setidaknya dengan menggunakan enkripsi TKIP berhasil conect.



Jika cara kedua tetap tidak bisa mungkin drivier laptop sobat ada masalah, jika benar begitu maka uninstall terlebih dahulu driver internet anda yang bisa dilihat di di Device Manager. Untuk memunculkan device manager anda bisa melakukannya dengan cara Klik kanan pada My Computer kemudian pilih properties > device manager, klik Network Adapter dan pilih driver wifi laptop anda kemudian uninstall. 



Jika sudah uninstall lakukan install kembali dengan klik kanan pada Network Adapter > scan for hardware changes maka secara otomatis sistem akan mendeteksi driver wifi laptop anda. Kemudian yang terakhir conectkan kembali wifi anda.

Nah,,demikian beberapa cara mengatasi tanda seru pada sinyal wifi laptop semoga berhasil dan selamat melakukan aktivitas browsing di internet.

Related Posts: