7 tips merawat printer agar lebih awet dan tahan lama

Printer merupakan alat yang tidak bisa dipisahkan dari kantor, pencetak kertas ini memang memiliki peran sangat penting sehingga anda harus menjaganya dengan baik agar tetap awet dan dapat digunakan dengan maksimal.

printer epson
image by pixabay.com

Secara umum printer memiliki masa pakai dimana setelah masa pakai berlalu maka biasanya printer sudah mulai mengalami beberapa gangguan terutama pada cardridge. Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk memaksimalkan kerja dan juga keawetan printer agar sesuai dengan masa pakainya. Beberapa tips merawat printer adalah:

1. Jangan mencetak terlalu banyak: Pekerjaan yang terlalau berat pada printer dengan mencetak dokumen terlalu banyak tanpa jeda dapat membuat cardridge printer mudah rusak. Untuk itu sebaiknya batasi sekitar 20 dokumen untuk sekali cetak, setelah itu beri jeda sekitar 2-3 menit. Jika yang anda cetak berupa gambar penuh mungkin anda harus mengurangi jumlah tersebut menjadi sekitar 5 saja, jumlah tersebut bukan menjadi suatu keharusan tetapi anda bisa mengira-ngira sendiri.

2. Jangan mengganti tinta saat sudah benar-benar habis: Kehabisan tinta dapat membuat cardridge menjadi bermasalah sehingga biasanya yang terjadi cardridge menjadi tidak bisa menyedot tinta yang ada ditabung dengan maksimal. Sehingga biasanya hasil cetakan akan menjadi putus-putus.

3. Gunakan printer secara teratur: Jika terlalu banyak mencetak dokumen dapat membuat printer cepat rusak, membuatnya jarang dipakai juga bukan solusi. Pasalnya printer yang tidak pernah dipakai dalam waktu lama justru akan membuat mulut semprot menjadi kering sehingga ini akan membuat hasil cetakan kurang bagus.

4. Usahakan Jangan gonta-ganti merek tinta: Usahakan anda membeli satu merek tinta saja untuk dipakai di printer anda. Hal ini mungkin akan sangat berpengaruh terhadap keawetan cardridge. Setiap merek tinta printer biasanya memiliki karakter berbeda-beda sehingga mencampurnya bisa membuat kerja printer kurang maksimal atau bahkan justru membuatnya cepat rusak.

5. Gunakan kertas yang bagus: Kertas yang anda pakai ternyata juga bisa berpengaruh terhadap keawetan printer anda. Usahakan memilih merek kertas yang sudah memiliki reputasi bagus. Selain itu usahakan juga memilih kertas minimal 70gsm atau lebih itu akan jauh lebih baik.

6. Jangan gunakan kertas kusut: Kertas yang sudah kusut saat dipakai untuk mencetak dokumen bisa membuatnya mengalami paper jam, yaitu kertas yang menyangkut saat proses pencetakan. Selain itu kertas yang sudah lembab karena di taruh di luar wadahnya juga bisa meningkatkan risiko paper jam.

7. Matikan dengan benar: Jika biasanya anda mematikan printer langsung pada stop kontak sebaikyna mulai dari sekarang menghindari hal tersebut. Mematikan printer sebaiknya melalui tombol power yang sudah disediakan karena hal ini akan membuat cardridge kembali pada posisi awal.

Demikian beberapa tips untuk merawat printer anda agar lebih awet dan tidak mudah rusak, semoga dapat membantu.

Related Posts: