5 Tips merawat baterai smartphone agar tahan lama

Teknologi komunikasi saat ini sudah semakin canggih. Ponsel menyebabkan komunikasi menjadi semakin mudah. Selain mempermudah komunikasi, ponsel memiliki banyak manfaat yang lainnya seperti sumber entertainment, sumber informasi dan masih banyak yang lainnya. Kini setiap orang akan merasa sangat sulit untuk meninggalkan rumah tanpa membawa ponsel karena manfaatnya yang beragam. Lalu bagaimana jika baterai ponsel mudah habis? Hal ini merupakan salah satu masalah yang sering di alami oleh pengguna ponsel belakangan ini. Apa saja yang menyebabkan baterai cepat habis dan bagaimana mengatasinya? Berikut ini adalah ulasannya. Apa yang menyebabkan baterai anda cepat habis?

hp smartphone
image by wikimedia.org

Baterai yang cepat habis sebetulnya tidak selalu disebabkan karena baterai sudah rusak. Baterai yang cepat habis bisa disebabkan oleh penggunaan aplikasi secara terus menerus. Hal tidak masalah jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang berguna, tapi bagaimana jika aplikasi tersebut tidak berguna? Tentu anda harus menghentikan aplikasi tersebut. Untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan yang mungkin menghabiskan masa hidup baterai anda, anda bisa melihatnya di bagian setting>power>battery Use.

Jika setelah anda melihat aplikasi yang menggunakan baterai adalah aplikasi yang normal, mungkin salah satu hal yang membuat baterai anda mudah habis adalah kebiasaan anda. Menutup aplikasi secara manual setelah digunakan merupakan sebuah langkah yang penting dan juga cerdas untuk menghemat baterai anda, jadi jangan lupa untuk melakukannya.

Terlalu banyak widget yang anda pasang di layar juga akan mengkonsumsi lebih banyak baterai dari ponsel anda. Oleh karena itu pastikan widget yang anda gunakan hanyalah widget yang penting yang anda gunakan.

1. Menjaga baterai tetap sehat

Selain memperhatikan penggunaan aplikasi yang dapat menyebabkan penggunaan baterai terlalu banyak, anda juga perlu melakukan perawatan terhadap baterai anda. Berikut ini adalah hal yang harus dan tidak boleh anda lakukan terhadap baterai ponsel anda agar baterai dapat hidup lebih lama.

2. Hindari melakukan charging semalaman.

Jika ponsel anda memiliki teknologi yang dapat menghentikan pengecasan maka meninggalkan ponsel anda untuk di charge semalaman bukan masalah yang besar. Tapi jika ponsel anda tidak cukup pintar untuk mengatasi hal ini maka baterai bisa mengalami pemanasan yang berlebihan. Hal ini merupakan hal yang berbahaya untuk dilakukan.

3. Hindari meninggalkan baterai atau ponsel di suhu yang ekstrim

Salah satu hal yang perlu anda hindari untuk menjaga baterai tetap sehat adalah menghindari peletakannya di tempat yang memiliki suhu terlalu panas dan terlalu dingin. Suhu yang terlalu ekstrim dapat mempengaruhi masa hidup baterai dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Beberapa orang juga menganggap penggunaan teknologi fast charging juga bisa membuat hidup baterai anda tidak tahan lama karena menyebabkan baterai menjadi panas.

4. Jangan gunakan charger yang tidak memiliki lisensi

Bagi anda yang ingin menggunakan charger selain charger original anda, hal ini bukan masalah jika charger yang anda gunakan mendapatkan lisensi dari perusahaan ponsel yang anda miliki. Jika anda ingin mengganti charger anda dengan charger murah yang ada di toko ponsel di sebelah rumah anda, sebaiknya pikir dua kali.

5. Hindari melakukan charging dari 0

Ketika anda akan melakukan pengecasan ponsel anda. Hindari melakukannya ketika baterai anda habis atau ponsel anda mati sendiri. Untuk ponsel dengan jenis baterai Nickel Cadmium hal ini mungkin diperlukan tapi untuk tenologi baterai baru seperti Lithium-ion hal ini malah berpotensi menyebabkan kerusakan. Mengapa? Baterai yang di charge dari angka 0 akan menyebabkan proses pengisia baterai makin lama dan membuat baterai menjadi makin panas.

Related Posts: