Tips dan cara mengatasi masalah kulit kering

Kulit kering tentunya sangat mengganggu penampilan anda. Apalagi ketika kulit terlihat terkelupas dan bersisik pada bagian tubuh yang mudah terlihat pastinya akan menyebabkan anda kurang percaya diri. Kurangnya cairan pada lapisan terluar kulit adalah penyebab umum timbulnya kulit kering. Bagian tubuh yang rentan mengalami kulit kering seperti lengan, telapak tangan, siku dan kaki. Kulit kering juga dapat disebabkan oleh kurangnya konsumsi air, asupan vitamin yang tidak tercukupi dan gaya hidup yang salah, sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak sehat dan kering.

cara mengatasi masalah kulit kering
image by: www.purplle.com

Beberapa gejala yang ditimbulkan kulit kering antara lain permukaan kulit terasa kasar, kulit terasa keras atau kaku saat mandi atau setelah mandi, terjadi pengelupasan, kemerahan pada kulit dan gatal. Pada kondisi paling parah kulit bahkan akan mengelupas dan berdarah. Untuk itu kekeringan pada kulit sebaiknya segera diatasi. Berikut merupakan penjelasan mengenai penyebab timbulnya dan cara mengatasi kulit kering.


Kulit kering tentunya dapat mengganggu penampilan anda, sehingga perlu dengan cepat diatasi. Banyak cara sederhana yang dapat dilakukan, namun memerlukan konsistensi agar kelembaban kulit dapat kembali. Berikut adalah cara mengatasi kulit kering yang dapat dilakukan, antara lain:

Memilih Pelembab yang Tepat

Pilihlah pelembab yang tepat terutama yang mengandung bahan alami yang melembabkan seperti susu, madu atau lidah buaya. Pakailah pelembab diaat setelah mandi atau ketika kulit mulai merasa kering. Pemakaian pelembab yang tepat dan teratur dapat membuat kelembaban kulit anda kembali, sehingga tidak kering.

Gunakan Tabir Surya atau Produk yang Mengandung SPF 

Menggunakan produk yang mengandung SPF dapat mencegah kulit mengalami kerusakan akibat sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi kering.Setidaknya anda menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan SPF minimal 30 saat akan keluar rumah atau berenang.

Konsumsi Buah-Buahan dan Perbanyak Minum Air Putih

Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C akan meningkatkan pertumbuhan kolagen pada tubuh. Buahan yang dapat anda konsumsi antara lain jeruk, strawberry, kiwi, lemon dan pepaya. Selain itu membiasakan diri meminum air putih sebanyak 2 sampai 3 liter perhari. Selain sehat, perbanyak konsumsi air akan membantu menjaga kelembaban pada kulit tubuh anda.

Sesuaikan Frekuensi Mandi

Mandilah secara teratur setiap hari namun jangan terlalu sering karena akan menyebabkan kulit menjadi kering jika terlalu sering terkena air. Pastikan durasi mandi anda tidak kurang dari lima menit dan tidak lebih dari sepuluh menit.

Gunakan Sabun yang Mengandung Pelembab 

Penggunaan sabun yang tidak sesuai dengan kondisi kulit dapat memberparah kekeringan pada kulit. Oleh karena itu kenalilah tipe kulit anda dan gunakan sabun yang memiliki kandungan pelembab untuk dapat menjaga kadar air dalam kulit, sehingga terhindar dari kekeringan.

Konsultasikan Pada Dokter

Untuk beberapa kasus iritasi kulit sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter, karena terdapat beberapa penyakit kulit yang memang perlu penanganan khusus. Penyakit kulit tersebut diantaranya adalah dermatitis, eksim dan proriasis.

Selain cara di atas, ada pula perawatan tubuh yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit kering. Perawatan ini biasanya menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan dapat dilakukan di rumah. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan tubuh antara lain:

1. Lulur susu dan alpukat

Susu dikenal sebagai asupan yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen, susu sangat bermanfaat untuk kelembaban kulit. Begitu juga dengan alpukat yang kaya akan asam amino yang kerap dijadikan bahan dasar produk kecantikan kulit dan berfungsi untuk melembabkan. Alpukat kaya akan minyak esential yang mampu mengatasi kekeringan pada kulit dan menjaga kelelbaban kulit.

2. Lidah Buaya

Liah buaya ,sangat terkenal khasiatnya untuk kesehatan rambut. Akan tetapi tidak hanya itu, ternyata lidah buaya dapat menjadi bahan alami yang dapat digunakan untuk melembabkan kulit yang kering. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke bagian kulit yang kering secara teratur.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan senyawa alami yakni asam linoleat yang berfungsi menjaga kelembaban kulit secara alami dan mencegah timbulnya kulit kering. Anda dapat menggunakan minyak zaitun dengan cara mengoleskan ke bagian tubuh dan memijatnya perlahan untuk merangsang perkembangan sel-sel kulit yang baru.

4. Madu

Madu sangat bermanfaat bagi tubuh da juga kesehatan kulit. Madu memiliki kandungan anti radang dan anti oksidan yang mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan melembabkan kulit yang kasar dan kering.

Demikian adalah ulasan mengenai cara mengatasi kulit kering dengan berbagai bahan alami. Sebaiknya untuk tetap menjaga kesehatan kulit, anda perlu juga mengubah pola hidup anda menjadi pola hidup sehat, karena pada dasarnya asupan makanan dan kebiasaan sehari-hari sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kulit kita.

Related Posts: